29 July 2020

Materi Bahasa Inggris: Checking for Understanding


CHECKING FOR UNDERSTANDING
bahasainggrismtsncisontrol.blogspot.com

Checking for understanding adalah ungkapan atau ekspresi yang digunakan untuk mengecek pemahaman seseorang atau lawan bicara kita mengenai apa yang kita sampaikan kepadanya. Respon yang diberikan bisa positif (paham) atau negatif (tidak paham).

Checking for understanding (Mengecek Pemahaman)
-Do you know what I mean? (Apa kamu tahu apa maksudku)
-Do you know what I am saying? (Apa kamu tahu apa aku ucapkan?)
-Do you follow me? (Apa kamu mengerti?)
-Do you understand? (Apakah kamu paham?)
-Got it? (Mengerti?)
-Is it clear? (Apakah sudah jelas?)
-Are you following me? (Apakah kamu paham?)

Showing understanding (Menunjukkan kepahaman)
-I see (Aku mengerti)
-I understand (Aku paham)
-I get it (Aku mengerti)
-Yes (Iya)
-I understand what you are saying (Aku paham apa yang kamu ucapkan)
-I know what you mean (Aku tahu maksudmu)
-I’m with you (Aku sepaham denganmu)

Expressing Lack of Undertanding (Menunjukkan kekurang pahaman/tidak paham)
-I don’t get it (Aku tidak mengerti)
-I’m sorry. What do you mean? (Maaf. Apa maksudmu?)
-Excuse me, but I’m not following you (Permisi, tapi aku tidak mengerti maksudmu)
-Again, please (Sekali lagi, tolong)
-I don’t understand (Aku tidak mengerti)
-What do you mean? (Apa maksudmu?)
-I don’t quite follow you (Aku tidak memahamimu)

Contoh dialog
Mark  : Hi Dave, what’s up? You look confused. (Hai Dave, ada apa? Kamu terlihat bingung)
Dave  : Yeah, actually I have a problem when I wanted to install the game that you gave, it couldn’t be installed. (Ya, sebenarnya aku memiliki masalah ketika aku ingin menginstal permainan yang kamu berikan, permainannya tidak bisa diinstal).
Mark  : Oh, I see. Have you followed the instructions correctly? (Oh, begitu. Sudahkah kamu mengikuti instruksi-instruksinya dengan benar?).
Dave  : Yeah, I think so. I have followed the instructions one by one. However, at the end it couldn’t be played. I thought something was wrong. (Ya, aku rasa begitu. Aku sudah mengikuti instruksi-instruksinya satu per satu. Akan tetapi, pada akhirnya permainannya tidak bisa dimainkan. Aku pikir ada sesuatu yang salah).
Mark: Let me check for a while. Please hand me your laptop. (Coba aku periksa sebentar. Berikan aku laptopmu).
Dave  : Sure, here it is. (Tentu, ini laptopku).
Mark  : Yap, I got it. Here is the problem. (Yap, aku menemukannya. Ini masalahnya).
Dave  : What’s the problem? (Apa masalahnya?).
Mark  : Before you install the game, you need to turn off your antivirus as some files on the game will be deleted automatically when the game is installed. So, make sure you turn it off first and then you can install the game. Do you understand what I’m saying? (Sebelum kamu menginstal permainannya, kamu perlu mematikan anti virusmu karena beberapa file pada permainan akan dihapus secara otomatis ketika gamenya diisntal. Jadi, pastikan kamu mematikannya terlebih dulu lalu kamu bisa menginstal permainannya. Apakah kamu mengerti apa yang aku katakan?)
Dave  : Yeah, I understand what you are saying. I don’t know the antivirus will affect the installation process. (Ya, aku paham dengan apa yang kamu katakan. Aku tidak tahu anti virusnya akan mempengaruhi proses instalasinya).
Mark: I’m sorry, that was my mistake because I didn’t tell you before. (Maaf, itu kesalahanku karena aku tidak memberitahumu sebelumnya).
Dave  : That’s okay, Mark. (Tidak apa-apa, Mark).
Mark  : Now, let’s try to install the game so we can play together then. (Sekarang, ayo kita coba instal permainannya jadi kita bisa bermain bersama).
Dave  : Okay, let’s do it. (Baik, ayo kita lakukan).

No comments:

Post a Comment