30 August 2020

Materi Bahasa Inggris: Expressing Capability and Incapability

EXPRESSING CAPABILITY AND INCAPABILITY

bahasainggrismtsncisontrol.blogspot.com

 

Definisi

 

Expressing capability adalah ungkapan yang menyatakan kemampuan atau kesanggupan dalam melakukan sesuatu.

Expressing incapability adalah ungkapan yang menyatakan ketidakmampuan atau ketidaksanggupan dalam melakukan sesuatu.

 

Contoh

 

How to Ask for Capability / Ability

 

Are you able to…. ? = Apakah kamu sanggup untuk…. ?

Are you capability of . . . .? =  Apakah Anda kemampuan. . . .?

Are you capable of…? = Apakah Anda mampu …?

Are you capable to……? = Apakah kamu mampu ……?

Can you…? = Bisakah kamu…?

Could you ……? = Bisakah kamu ……?

Do you have the experience or ability to…? = Apakah Anda memiliki pengalaman atau kemampuan untuk …?

Do you have the experience to…? = Apakah Anda punya pengalaman untuk …?

Do you know anything about…? = Apakah Anda tahu sesuatu tentang …?

Do you know how to…? = Apakah Anda tahu caranya …?

Do you think you are capable of…..? =  Apakah Anda pikir Anda mampu … ..?

Do you think you can…? = Apakah Anda pikir Anda bisa …?

Do you think you’re able to . . . .? =  Apakah Anda pikir Anda mampu. . . .?

 

How to Express Capability / Ability

 

I am able to… = Saya bisa …

I am capable of doing it = Saya mampu melakukannya

I could do it =  Aku bisa melakukannya

I can… = Saya bisa…

I feel capable of… = Saya merasa mampu …

I have the ability to do it = Saya memiliki kemampuan untuk melakukannya

I know how to… = Saya tahu caranya …

I might be able to… = Saya mungkin bisa…

I think I have the qualification or experience or ability to… = Saya pikir saya memiliki kualifikasi atau pengalaman atau kemampuan untuk …

I think I’m capable enough. = Saya pikir saya cukup mampu.

I thought I’m able to . . . . . = Saya pikir saya bisa. . . . .

I would say I am capable of… = Saya akan mengatakan saya mampu …

I’m able to…… = Saya bisa ……

I’m good at . . . . = Saya bagus di . . . .

Yes, I can = Ya saya bisa

Yes, no problem… =  Iya tidak masalah…

I think I can . . . . = Saya rasa saya bisa . . . .

 

How to Show Incapability / Inability

 

I am afraid I cannot cope with… = Saya khawatir saya tidak bisa mengatasi …

I am hopeless… = Saya putus asa…

I am not able to…… = Saya tidak bisa ……

I am not good at… = Saya tidak pandai …

I am not sure I can = Saya tidak yakin saya bisa

I am not sure I know how to… = Saya tidak yakin saya tahu bagaimana …

I cannot… = Saya tidak bisa…

I couldn’t do it = Saya tidak bisa melakukannya

I don’t know anything about… = Saya tidak tahu apa-apa tentang …

I don’t think I can’t do it. = Saya rasa saya tidak bisa melakukannya.

I don’t think i have ability = Saya tidak berpikir saya memiliki kemampuan

I don’t think I have experience or ability to… = Saya rasa saya tidak memiliki pengalaman atau kemampuan untuk …

I have no experience of… =  Saya tidak punya pengalaman …

I have no idea how… = Saya tidak tahu bagaimana …

I won’t be able to = Saya tidak akan bisa

I would not know where to begin or start… = Saya tidak akan tahu harus mulai dari mana atau mulai …

I’m not capable of doing it = Saya tidak mampu melakukannya

I’m not sure i can = Saya tidak yakin saya bisa

I’m not sure I’m capable of doing it = Saya tidak yakin saya mampu melakukannya

No, I don’t know how to… =  Tidak, saya tidak tahu bagaimana …

Sorry, I can’t do it. = Maaf, saya tidak bisa melakukannya.                   

 

Percakapan

 

Rizky: Can we have a talk?

Lena: Yes. What’s up?

Rizky: I’m gonna tell you that you’re chosen to be our representative to join an Indonesia student big programme.

Lena: Really. Who said that?

Rizky: Our English teacher.

Lena: Thanks for telling. Do you think I’m capable enough?

Rizky: I think so. Your English is good. And, you always win the best student in our school. I thought you are capable to do.

Lena: Thank you. I hope I can do my best.

Rizky: So do I. Don’t forget to bring me a special gift from there.

Lena: Don’t worry.

 

Arti

Rizky: Bisakah kita bicara?

Lena: Ya. Ada apa?

Rizky: Saya akan memberi tahu Anda bahwa Anda dipilih untuk menjadi perwakilan kami untuk bergabung dengan program besar pelajar Indonesia.

Lena: Sungguh. Siapa yang bilang?

Rizky: Guru bahasa Inggris kami.

Lena: Terima kasih sudah memberi tahu. Apakah Anda pikir saya cukup mampu?

Rizky: Saya kira begitu. Bahasa Inggrismu bagus. Dan, Anda selalu memenangkan siswa terbaik di sekolah kami. Saya pikir Anda mampu melakukannya.

Lena: Terima kasih. Saya harap saya bisa melakukan yang terbaik.

Rizky: Aku juga. Jangan lupa membawakanku hadiah istimewa dari sana.

Lena: Jangan khawatir.

No comments:

Post a Comment