22 February 2022

Pembelajaran Daring Kelas 8 Pertemuan 5 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 5

Kelas/ Semester : 8/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Recount Text

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami materi recount text berikut: KLIK DISINI

2. Catat pada buku catatan masing-masing.

3. Hasil catatan tidak perlu dikumpulkan/ dikirim. Cukup disimpan saja sebagai bahan ajar untuk menghafal saat akan ulangan.

4. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan belajar kalian yang berupa foto kemudian kirim pada link berikut: KLIK DISINI

5. Cek daftar pengumpulan tugas DISINI

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

Materi B. Inggris: Recount Text

 

RECOUNT TEXT

1. Definition

Recount Text adalah jenis teks yang menceritakan kembali sebuah kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu.

2. Generic Structure

- Orientation: pengenalan berupa informasi mengenai siapa, di mana, kapan peristiwa atau kejadian itu terjadi di masa lalu.

- Events: penyampaian kejadian atau peristiwa yang terjadi dalam urutan kronologi.

- Re orientation: rangkuman dari semua peristiwa atau kejadian yang telah diceritakan atau komentar maupun kesan personal terhadap peristiwa atau kejadian yang telah terjadi.

3. Characteristics

- Menggunakan simple past tense

- Menggunakan conjunction seperti then, before, after, next dll

- Menggunakan action verb

4. Text

My Bad Experience with Adolescence

I had my adolescence when I was thirteen.

It started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with friends. Fortunately, my Mum gave me a good medicine. In three weeks, the acnes started to vanish although those showed some black spots in my face.

That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

Terjemahan

Pengalaman Burukku dengan Masa Puber

Aku mengalami masa puber ketika berusia tiga belas tahun.

Ini dimulai dengan jerawat yang muncul di wajahku. Itu sangat mengganggu. Itu menurunkan kepercayaan diriku dan aku malu untuk keluar rumah dan bermain dengan teman-teman. Untungnya, Ibuku memberi sebuah obat yang bagus. Dalam tiga minggu, jerawat mulai menghilang meskipun itu menunjukkan beberapa bintik hitam di wajahku.

Itulah pengalaman burukku dengan masa puber, meskipun masih banyak pengalaman baik juga.

Pembelajaran Daring Kelas 9 Pertemuan 5 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 5

Kelas/ Semester : 9/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Report Text

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami materi report text berikut: KLIK DISINI

2. Catat pada buku catatan masing-masing. Bagi yang memiliki LKS, cukup dibaca saja pada LKS B. Inggris Kelas 9 halaman 26-27.

3. Hasil catatan tidak perlu dikumpulkan/ dikirim. Cukup disimpan saja sebagai bahan ajar untuk menghafal saat akan ulangan.

4. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan belajar kalian yang berupa foto kemudian kirim pada link berikut: KLIK DISINI

5. Cek daftar pengumpulan tugas DISINI

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

Materi B. Inggris: Report Text

REPORT TEXT

1. Definition

Report Text adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis.

2. Generic Structure

- General Clasification: Menyatakan klasifikasi aspek umum hal, hewan, tempat umum, tanaman dll yang akan dibahas secara umum.

- Description: memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi, baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, atau tingkah lakunya)

3. Characteristics

- Menggunakan general nouns (suatu benda yang bersifat umum)

- Menggunakan relating verb untuk mendeskripsikan sebuah benda (Penghubung kata kerja seperti to be)

-  Menggunakan timeless present tense untuk mengindikasikan kebiasaan (suatu penanda waktu dalam simple present tense seperti often, usually, always dll)

- Menggunakan technical term (istilah-istilah yang meliputi teks report tsb)

4. Text

Elephant

An elephant is the largest and strongest animals. It is a strange looking animal with its thick legs, huge sides and backs, large hanging ears, a small tall, little eyes, long white tusks and above all it has a long nose, the trunk.

The trunk is the elephant’s peculiar feature, and it has various uses. The elephant draws up water by its trunk and can squirt it all over its body like a shower bath. It can also lift leaves and puts them into its mouth. In fact the trunk serves the elephant as a long am and hand. An elephant looks very clumsy and heavy and yet it can move very quickly.

The elephant is a very intelligent animal. Its intelligence combined with its great strength makes it a very useful servant to man and it can be trained to serve in various ways such as carry heavy loads, hunt for tigers and even fight. An elephant is really a smart animal.

Terjemahan:

Gajah adalah hewan terbesar dan terkuat. Ini adalah binatang yang tampak aneh dengan kaki yang tebal, sisi dan punggung yang besar, telinga besar yang menggantung, tinggi kecil, mata kecil, taring putih panjang dan di atas semua itu ia memiliki hidung panjang, belalai.

Belalai adalah ciri khas gajah, dan memiliki berbagai kegunaan. Gajah mengambil air dengan belalainya dan dapat menyemprotkannya ke seluruh tubuhnya seperti mandi pancuran. Ia juga dapat mengangkat daun dan memasukkannya ke dalam mulutnya. Bahkan belalainya berfungsi sebagai kaki dan tangan gajah. Seekor gajah terlihat sangat kikuk dan berat, namun ia dapat bergerak dengan sangat cepat.

Gajah adalah hewan yang sangat cerdas. Kecerdasannya yang dikombinasikan dengan kekuatannya yang besar menjadikannya pelayan yang sangat berguna bagi manusia dan dapat dilatih untuk melayani dengan berbagai cara seperti membawa beban berat, berburu harimau, dan bahkan bertarung. Seekor gajah benar-benar hewan yang cerdas.

20 February 2022

Pembelajaran Daring Kelas 8 Pertemuan 4 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 4

Kelas/ Semester : 8/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Simple Past Tense

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami materi simple past tense berikut: KLIK DISINI

2. Catat pada buku catatan masing-masing.

3. Hasil catatan tidak perlu dikumpulkan/ dikirim. Cukup disimpan saja sebagai bahan ajar untuk menghafal saat akan ulangan.

4. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan belajar kalian yang berupa foto kemudian kirim pada link berikut: KLIK DISINI

5. Cek daftar pengumpulan tugas: DISINI

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

 

15 February 2022

Pembelajaran Daring Kelas 9 Pertemuan 4 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 4

Kelas/ Semester : 9/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Passive Voice

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami materi passive voice pada continuous tense berikut: KLIK DISINI

2. Catat pada buku catatan masing-masing.

3. Hasil catatan tidak perlu dikumpulkan/ dikirim. Cukup disimpan saja sebagai bahan ajar untuk menghafal saat akan ulangan.

4. Jangan lupa dokumentasikan kegiatan belajar kalian yang berupa foto kemudian kirim pada link berikut: KLIK DISINI

5. Cek daftar pengumpulan tugas DISINI

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

11 February 2022

Pembelajaran Daring Kelas 9 Pertemuan 3 2022

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 3

Kelas/ Semester : 9/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Passive Voice

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami kembali materi passive voice berikut: KLIK DISINI

2. Kerjakan Kuis berikut: MULAI KUIS

3. Bagi peserta didik yang tidak bisa mengakses link Kuis, kerjakan soal INI. Tulis jawabannya saja pada buku tulis masing-masing dan jangan lupa beri nama dan kelas pada buku tulis kalian. Kirim foto jawaban melalui whatsapp guru mata pelajaran!

4. Batas pengerjaan soal sampai hari Sabtu, 19 Februari 2022.

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

Pembelajaran Daring Kelas 8 Pertemuan 3 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 3

Kelas/ Semester : 8/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Comparison

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami kembali materi comparison berikut: KLIK DISINI

2. Kerjakan Kuis berikut: MULAI KUIS

3. Bagi peserta didik yang tidak bisa mengakses link Kuis, kerjakan LKS Evaluasi KD 3.9 halaman 31-32 (10 nomor). Tulis jawabannya saja pada buku tulis masing-masing dan jangan lupa beri nama dan kelas pada buku tulis kalian. Kirim foto jawaban melalui whatsapp guru mata pelajaran!

4. Batas pengerjaan soal sampai hari Sabtu, 19 Februari 2022.

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

Pembelajaran Daring Kelas 8 Pertemuan 2 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 2

Kelas/ Semester : 8/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Comparison

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami kembali materi comparison berikut: KLIK DISINI

2. Kerjakan soal dibawah ini pada buku tulis masing-masing dengan cara menulis jawabannya saja. Jangan lupa beri nama dan kelas pada buku tulis kalian.

Latihan Soal 1

Rubah kalimat-kalimat berikut menjadi positive degree!

Contoh:

Abdullah is (handsome) Romi.

Abdullah is as handsome as Romi.

 

1. Dinda is (smart) my sister.

2. My cat is (cute) your cat.

3. Pangandaran beach is (interesting) Batu Hiu.

4. My skin is (soft) my mother’s skin.

5. The red car is (expensive) that car.

3. Fotolah jawaban yang sudah ditulis kemudian kirim melalui link INI atau melalui whatsapp guru mata pelajaran!

4. Batas pengerjaan soal sampai hari Rabu, 16 Februari 2022.

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

07 February 2022

Pembelajaran Daring Kelas 9 Pertemuan 2 2022

 

PEMBELAJARAN DARING

 

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Pertemuan : 2

Kelas/ Semester : 9/ Genap

Guru Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd

Materi Pokok : Passive Voice

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Welcome to The English class!

Silahkan lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!

Opening Video

1. Baca dan pahami kembali materi passive voice berikut: KLIK DISINI

2. Kerjakan soal dibawah ini pada buku tulis masing-masing dengan cara menulis jawabannya saja. Jangan lupa beri nama dan kelas pada buku tulis kalian.

Latihan Soal 1

Rubah kalimat-kalimat aktif (active voice) dibawah ini menjadi kalimat pasif (passive voice) pada simple present dan simple past tense!

Contoh:

Active voice : I wrote a diary last night.

Passive voice : A diary was written by me last night.

 

1. Mrs. Kim attends school graduation with her husband.

2. Nina bought some delicious cookies from minimarket yesterday.

3. My brother drives a sport car.

4. They sang “Happy Birthday” song for me.

5. Andra fix his motorcyle.

3. Fotolah jawaban yang sudah ditulis kemudian kirim melalui link google form INI atau melalui whatsapp guru mata pelajaran!

4. Batas pengerjaan soal sampai hari Sabtu, 12 Februari 2022.

Closing Video

Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!

05 February 2022

Materi Bahasa Inggris: Passive Voice

 

PASSIVE VOICE

Digunakan untuk menunjukkan ketertarikan pada seseorang atau objek yang dikenai tindakan dan bukan seseorang atau objek yang melakukan tindakan.

 

1. Passive Voice pada Simple Present Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + V1 + O

Passive voice : O + am/is/are + V3 + by + S

S = subject

V = verb (kata kerja)

O = object

Contoh:

AV : My father washes a car. (Ayahku mencuci sebuah mobil)

PV : A car is washed by my father. (Sebuah mobil dicuci oleh ayahku)

 

AV : I write a love letter for my boyfriend. (Aku menulis surat cinta untuk pacarku)

PV : A love letter is written by me for my boyfriend. (Surat cinta ditulis olehku untuk pacarku)

 

2. Passive Voice pada Simple Past Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + V1 + O

Passive voice : O + was/were + V3 + by + S

S = subject

V = verb (kata kerja)

O = object

Contoh:

AV : I watched a television last night. (Aku telah menonton televisi malam lalu)

PV : A television was watched by me last night. (Televisi telah ditonton olehku malam lalu)

 

AV : We visited grandmother on last holiday. (Kami telah mengunjungi nenek pada liburan yang lalu)

PV : Grandmother was visited by us on last holiday (Nenek telah dikunjungi oleh kami pada liburan yang lalu)

 

Penjelasan mengenai perubahan pronoun (kata ganti) bisa cek DISINI

Penjelasan mengenai to be (am/is/are/was/were) bisa cek DISINI

 

3. Passive Voice pada Simple Future Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + will + V1 + O

Passive voice : O + will be + V3 + by + S

S = subject

V = verb (kata kerja)

O = object

Contoh:

AV : Security will ask us to show our id card. (Pihak keamanan akan meminta kita untuk menunjukkan kartu identitas)

PV : We will be asked by security to show our id card. (Kita akan diminta oleh pihak keamanan untuk menunjukkan kartu identitas)

 

AV : The farmers will harvest the crops next month. (Para petani akan memanen hasil panen bulan depan)

PV : The crops will be harvested by the farmers next month. (Hasil panen akan dipanen oleh para petani bulan depan)


4. Passive Voice pada Present Continuous Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + am/is/are + V-ing + O

Passive voice : O + am/is/are + being + V3 + by + S

Contoh:

AV : I am reading a comic right now. (Aku sedang membaca komik sekarang)

PV : A comic is being read by me right now. (Komik sedang dibaca olehku sekarang)

 

AV : My friends are not building this big mall. (Teman-temanku tidak sedang membangun mall besar ini)

PV : This big mall is not being built by my friends. (Mall besar ini tidak sedang dibangun oleh teman-temanku)

 

5. Passive Voice pada Past Continuous Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + was/were + V-ing + O

Passive voice : O + was/were + being + V3 + by + S

Contoh:

AV : We were not renovating our house last month. (Kami tidak sedang merenovasi rumah kami bulan lalu)

PV : Our house was not being renovated by us last month. (Rumah kami tidak sedang direnovasi oleh kami bulan lalu)

 

AV : The boss was calling Suzy yesterday. (Bos sedang memanggil Suzy kemarin)

PV : Suzy was being called by the boss yesterday. (Suzy sedang dipanggil bos kemarin)

 

6. Passive Voice pada Future Continuous Tense

Pola kalimat:

Active voice : S + will + V-ing + O

Passive voice : O + will being + V3 + by + S

Contoh:

AV : I will giving you a good idea. (Aku sedang akan memberimu ide bagus)

PV : A good idea will being given by me. (Ide bagus sedang akan diberikan olehku)

 

AV : Grandfather will visiting us next week. (Kakek sedang akan mengunjungi kami minggu depan)

PV : We will being visited by grandfather next week. (Kami sedang akan dikunjungi oleh kakek minggu depan)