PEMBELAJARAN
DARING
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Pertemuan
: 9
Hari/
Tanggal : Jumat/ 2 Oktober 2020
Kelas/
Semester : 9/ Gasal
Guru
Mata Pelajaran : Dian Fauziah Lestari, S.Pd
Materi
Pokok : Pembahasan Latihan Soal
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Welcome
to The English class!
Silahkan
lakukan langkah-langkah pembelajaran dibawah ini secara berurutan!
1. Pada
pertemuan 8 kalian sudah mengerjakan latihan soal sebanyak 8 nomor, kali ini
kita akan bahas satu persatu latihan soal tersebut.
2. Baca dan
pahami penjelasan dibawah ini dan bandingkan dengan jawabanmu!
3. Sebagai
persiapan menghadapi Penilaian Tengah Semester yang insyaallah akan
dilaksanakan minggu depan, silahkan kalian membaca dan memahami kembali materi
pembelajaran yang telah dibahas pada pertemuan-pertemuan sebelumnya yakni
expressing hope and wish, expressing congratulation, expressing purpose serta
expressing agreement and disagreement.
Pembahasan Latihan Soal
(Latihan
soal ini juga dapat dilihat pada LKS Bahasa Inggris Kelas 9 halaman 14 task 3)
1. What is the name of the medicine? (Apa nama obat tersebut?)
Jawaban:
The name of this medicine is NEOZEP FORTE
Pembahasan:
Nama atau merk biasanya ditulis dengan tulisan yang lebih besar, lebih tebal atau
paling menonjol dari tulisan-tulisan lain pada kemasan agar memudahkan konsumen
untuk mengingat merk tersebut.
2. What kind of medicine is it for? (Untuk jenis obat apakah ini?)
Jawaban:
It is for relieving cold.
Pembahasan:
Dalam kemasan tertulis “The cold specialist” yang bermakna bahwa obat ini dikhususkan
untuk mengobati pilek.
3. How many tablets are there in one strip? (Ada berapa banyak tablet dalam satu lembar?)
Jawaban:
There are four tablets in one strip.
Pembahasan:
Dalam kemasan tertulis “4 tablets” yang artinya dalam satu lembar kemasan
terdapat 4 buah tablet.
4. How many tablets do the adults take a day? (Berapa banyak tablet yang dikonsumsi orang
dewasa dalam sehari?)
Jawaban:
The adult takes 3 to 4 tablets a day.
Pembahasan:
Dalam dosis tertulis “Dosage (3 to 4 times a day)” (dosis (3 sampai 4 kali
sehari). Dosis terbagi 2 jenis sesuai usia yakni untuk adult (dewasa) dan
children (anak-anak). Dewasa diperbolehkan mengkonsumsi 1 tablet dalam sekali
minum, sehingga jika ditanyakan berapa banyak tablet yang dikonsumsi orang
dewasa dalam sehari, maka kita tinggal hitung saja 1 tablet x 3 sampai 4 kali sehari.
Maka ditemukan jawabannya adalah 3 sampai 4 tablet sehari.
5. Can the children under six years take this
tablet? (Dapatkah anak-anak dibawah usia
6 tahun mengkonsumsi tablet ini?)
Jawaban:
No, they can’t.
Pembahasan:
Dalam kemasan tertulis jelas “warning: don’t administer to children under six
years” yang artinya peringatan: tidak boleh diberikan pada anak-anak dibawah
usia 6 tahun.
6. Can anyone taking this medication drive a car? (Dapatkah siapapun yang sedang mengkonsumsi
pengobatan ini untuk mengemudi mobil?)
Jawaban:
No, they can’t.
Pembahasan:
Dalam kemasan tertulis “don’t drive or operate machinery while taking this medication”.
Maksudnya bahwa kita dilarang mengemudi atau mengoperasikan mesin selama
mengkonsumsi pengobatan tersebut.
7. What is the dosage for the children? (Apa dosis untuk anak-anak?)
Jawaban:
The dosage for the children is 1 ½ to 2 tablet a day.
Pembahasan:
Dalam dosis tertulis “Dosage (3 to 4 times a day)” (dosis (3 sampai 4 kali
sehari). Dosis terbagi 2 jenis sesuai usia yakni untuk adult (dewasa) dan
children (anak-anak). Anak-anak diperbolehkan mengkonsumsi ½ tablet dalam
sekali minum, sehingga jika ditanyakan berapa banyak tablet yang dikonsumsi anak-anak
dalam sehari, maka kita tinggal hitung saja ½ tablet x 3 sampai 4 kali sehari. Maka
ditemukan jawabannya adalah 1 ½ sampai 2
tablet sehari.
8. Can we take this tablet six times a day? (Dapatkah kita mengkonsumsi tablet ini 6
kali sehari?)
Jawaban:
No, we can’t.
Pembahasan:
Pada kemasan obat tertulis bahwa dosis hanya untuk 3 sampai 4 kali dalam
sehari. Sehingga kita tidak boleh mengkonsumsi obat sebanyak 6 kali dalam
sehari.
Terimakasih telah berpartisipasi pada pembelajaran daring Bahasa Inggris, have a nice day!
No comments:
Post a Comment