List

09 September 2015

Materi Bahasa Inggris: Quantifier




QUANTIFIER
bahasainggrismtsncisontrol.blogspot.com

Quantifier: kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menyatakan jumlah.
v  Some students come to their classroom when the bell was ringing. (Beberapa siswa memasuki ruangan kelas mereka ketika bel berbunyi)
v  Do you need much sugar? (Apakah kamu membutuhkan banyak gula?)
A. Perbedaan countable dan uncountable noun
Countable noun: kata benda yang dapat dihitung satu persatu. Contohnya flower, stone, bag dll.
Uncountable noun: kata benda yang tidak dapat dihitung satu persatu. Contohnya sugar, water, money dll.
B. Penggunaan a lot of
A lot of (banyak): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat positive dengan kata benda yang countable maupun yang uncountable.
v  Dina has a lot of friends. (Dina mempunyai banyak teman)
v  He has a lot of cars. (Dia mempunyai banyak mobil)

v  I need a lot of water. (Aku membutuhkan banyak air)
v  I have a lot of money. (Aku mempunyai banyak uang)
C. Penggunaan a few of dan a little of
A few of (sedikit): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat positive dengan kata benda yang countable.
v  There are a few of audiences come to the show. (Ada sedikit penonton yang datang ke acara itu)
v  She has a few of dresses for party. (Dia mempunyai sedikit gaun untuk pesta)
A little of (sedikit): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat positive dengan kata benda yang uncountable.
v  He needs a little of sugar to this coffee. (Dia membutuhkan sedikit gula pada kopinya)
v  We need a little of time to talk each other. (Kami membutuhkan sedikit waktu unutk saling bicara)
D. Penggunaan many dan much
Many (banyak): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat negative dan interrogative (kalimat tanya) dengan kata benda yang countable.
v  She doesn’t have many dolls. (Dia tidak mempunyai banyak boneka)
v  How many guests will come to the party? (Berapa banyak tamu yang akan datang ke pesta?)
Much (banyak): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat negative dan interrogative (kalimat tanya) dengan kata benda yang uncountable.
v  I don’t have much energy. (Aku tidak mempunyai banyak tenaga)
v  Do you have much time to finish the homework? (Apakah kamu mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah?)
E. Penggunaan some dan any
Some (beberapa): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat positive dengan kata benda yang countable maupun yang uncountable.
v  We will buy some flowers. (Kami akan membeli beberapa bunga)
v  He has some money. (Dia mempunyai beberapa uang)
Any (tidak satupun): quantifier yang hanya digunakan dalam kalimat negative dan interrogative (kalimat tanya) dengan kata benda yang countable maupun yang uncountable.
v  We won’t buy any flowers. (Kami tidak akan membeli satupun bunga)
v  He doesn’t have any bottles of milk. (Dia tidak mempunyai satupun botol susu)
Latihan
A. Carilah kata-kata benda (noun) yang termasuk ke dalam countable dan uncountable noun serta artinya!
Sand
Radio
Drive
Air
Jump
Salt
Energy
Go
Pillow
Time
Pepper
Move
Rain
Bottle
Eat
Hair
Dust
Hand
Sweat
Juice
B. Buatlah kalimat dengan menggunakan kata-kata dibawah ini!
1. A lot of people
6. A lot of dust
2. A lot of teachers
7. A lot of motorcycle
3. A lot of time
8. A lot of books
4. A lot of sugar
9. A lot of clothes
5. A lot of gifts
10. A lot of pens
C. Isilah titik-titik dibawah ini dengan menggunakan a few of atau a little of!
1.      There is only ……… gasoline in the tank.
2.      I bought ……… magazines yesterday.
3.      There is ……… rain this morning.
4.      ……… tears come out from her eyes.
5.      She drank ……… orange juice.
6.      My mother gave me ……… money.
7.      ……… teachers were absent last week.
8.      There are ……… eggs that I bought.
9.      This school has ……… male students.
10.  Debby has ……… cookies.
D. Isilah titik-titik dibawah ini dengan menggunakan many atau much!
1.      How ……… money do you have?
2.      There aren’t ……… books at the store.
3.      I don’t have ……… time today.
4.      Do you need to buy ……… fertilizer for your plants?
5.      How ……… people will attend to the meeting?
6.      She didn’t have ……… close friends at school.
7.      How ……… cards did Thomas send?
8.      Do you like ……… sugar in your tea?
9.      I won’t put ……… water in this coffee.
10.  I didn’t give him ……… presents on his birthday.
E. . Pilih salah satu kata yang tepat untuk melengkapi kalimat dibawah ini!
1.      She gives me (some/any) new pencils.
2.      Do you have (some/any) water to drink?
3.      I don’t like (some/any) spicy foods.
4.      I have (some/any) pretty dresses at home.
5.      He invited (some/any) male friends here.
6.      Did he bring (some/any) books?
7.      I think we should put (some/any) flowers in this room.
8.      She gives (some/any) advice to me.
9.      Does he need (some/any) help?
10.  She doesn’t like (some/any) noisy sounds.
F. Isilah titik-titik dibawah ini dengan menggunakan a few of, a little of, many atau much!
·         Rebecca           : Do you need (1) ……… jam in your bread?
Barley              : Yes, I need a lot of jam.
·         Andy   : How (2) ……… apples did you eat?
Dianna : I ate (3) ……… apples.
·         Charlie : I don’t have (4) ……… energy to finish this work. How about
  you?
Fred     : Me too. I only have (5) ……… energy now.
·         George : How (6) ……… children do you have?
Peter    : I have three.
·         Dave    : Do you need (7) ……… pepper?
Annie   : No, I don’t need (8) ……… pepper
·         Andrew  : I like (9) ……… birds. Do you like it too?
Sam     : No, I don’t like (10) ……… birds.

Tags: materi bahasa inggris b.inggris smp mts kelas 7 8 9 tujuh  delapan sembilan ringkasan ulasan uraian summary tahun pelajaran sekolah menengah pertama madrasah tsanawiyah english rpp latihan soal test task teaching learning class metode semester ganjil genap progul program unggulan tahunan modul catatan panduan sumber ajar buku kompetensi inti dasar standar pendidikan pakem pembelajaran aktif kreatif efektif menyenangkan menantang portofolio guru siswa peserta didik pendidik school subject listening speaking reading writing grammar

No comments:

Post a Comment